v PROFIL PERUSAHAAN DAN PROGRAM CSR PT. ASTRA
INTERNATIONAL
PT Astra International Tbk (Perseroan) didirikan pada tahun 1957 sebagai
perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. Saat ini, Perseroan mengelola 6
lini usaha atau value chain, yakni Otomotif, Jasa Keuangan, Peralatan
Berat, Pertambangan dan Energi, Agribisnis, Teknologi Informasi, serta
Infrastruktur dan Logistik. Hingga
akhir tahun 2009, kelompok usaha Perseroan memiliki 154
perusahaan yang meliputi anak perusahaan.
- Menjadi salah satu
perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada
pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui
pengembangan sumber daya manusia,struktur keuangan yang solid, kepuasan
pelanggan dan efisiensi
- Menjadi perusahaan
yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan
Sesuai dengan visinya Astra
menjadikan pelaksanaan kegiatan Corporate
Social Responsibility (CSR) sebagai bagian integral dari setiap kegiatan
usaha perusahaan. Kegiatan CSR pada PT.
Astra International dijalankan oleh Divisi ESR. Pada tanggal 28 Oktober 2009,
Astra meluncurkan program Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia (SATU Indonesia) yang selanjutnya akan
menjadi payung besar bagi semua pelaksanaan program CSR dan lingkungan yang
dilaksanakan agar semua kegiatan CSR dapat terintegrasi dengan baik. Program
CSR Astra meliputi bidang : bantuan kemanusiaan, pendidikan dan program
peningkatan pendapatan.
Dalam bidang bantuan kemanusiaan,
Astra memberikan bantuan bagi para korban bencana alam yang terjadi pada
saat berlangsungnya program CSR dan jangkauannya ke seluruh penjuru wilayah Indonesia yang
mengalami bencana. Dalam bidang pendidikan merupakan fokus utama Astra dalam
program pengembangan masyarakatnya. Bantuan dalam bidang pendidikan yaitu
berupa pemberian beasiswa kepada siswa SD, SMP, SMA di wilayah dimana PT.
Astra Internasional beroperasi juga berbagai pembinaan sekolah. Selain itu
Astra membuka kesempatan pada siswa SMK atau Perguruan Tinggi yang memenuhi
syarat untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Sedangkan dalam bidang
Program peningkatan pendapatan yang bertujuan mengoptimalkan kualitas sumber
daya manusia melalui pelatihan serta pembangunan jaringan dan pertumbuhan usaha
kecil untuk mencapai kemandirian
masyarakat merupakan salah satu fokus utama perusahaan dalam menjalankan
CSR-nya. Astra memberikan fasilitas-fasilitas pendukung dan kegiatan
pemberdayaan agar kegiatan usaha masyarakat dapat berkesinambungan. Kegiatan
yang dilakukan yaitu berupa produksi kain majun dan pemberian bantuan
Microfinance kepada para ibu rumah tangga yang memeiliki usaha kecil.
Astra memiliki 2 kerangka kerja
yaitu Astra Friendly Company (AFC) dan
Astra Green Company (AGC). AGC
memberikan landasan dalam pengelolaan Lingkungan, Kesehatan & Keselamatan
Kerja (LK3).Sedangkan AFC menggariskan ketentuan akan pentingnya pertumbuhan
bisnis yang berkelanjutan dengan memperhatikan kesadaran sosial yang diterapkan
melalui implementasi kegiatan di bidang Pengembangan Masyarakat.
Astra Friendly Company (AFC) merupakan
sistem standar manajemen bagi
Perusahaan Astra Internasional dalam hal pelaksanaan CSR. AFC berlandaskan pada 3 pilar utama , yaitu
- Value, program yang dilakukan Astra memiliki landasan/dasar yang sesuai dengan filosofi (Catur Dharma), visi,
- Mindset, pelaksanaan yang sistematis dan terstruktur. Dengan identifikasi dampak sosial-bisnis, stakeholders, menyusun program sesuai persepsi dan harapan stakeholders, menentukan indikator keberhasilan, dan terakhir melakukan review secara berkelanjutan sebagai upaya monitoring.
- Behaviour, seluruh program CSR yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memenuhi hak stakeholders terkait.
Keseluruhan pilar dasar tersebut lalu teruang dalam satu buku “Panduan
Kriteria Asesmen Astra Friendly Company” yang berisikan kriteria- kriteria AFC
dan digunakan sebagai pedoman untuk pengarahan kualitas hubungan sosial
perusahaan dengan stakeholdernya yang
keseluruhannya merupakan objek standar penilaian kinerja CSR. Kinerja AFC Astra
dievaluasi setiap tahun berdasarkan panduan kinerja yang ditetapkan. Akan
tetapi, penentuan prioritas program CSR berbeda antara satu perusahaan dengan
perusahaan lainnya, disesuaikan dengan karakteristik bidang usaha, alokasi dana
dan sumber daya. Penilaian kinerjanya pun bersifat kompeherensif
meliputi tingkat pencapaian sistem manajemen, aktivitas dan program yang
menggunakan Key Performance Indicator (KPI) sebagai sistem peringkat, dimulai
dari bintang satu untuk pencapaian yang terendah dan bintang lima untuk pencapaian paling tinggi.
Astra
Green Company ( AGC) merupakan kerangka
kerja perusahaan dibawah kelompok usaha astra, atau juga sebagai guidelines,
petunjuk pelaksanaan kerja perusahaan dengan pengelolaan lingkungan, kesehatan
dan keselamatan (LK3). Dalam komitmennya dalam mengelola LK3 perusahaan harus
berlandaskan pada:
- Strategi
bisnis perusahaan (Green Strategy)
- Proses
bisnis yang aman,nyaman dan bersih (Green Process)
- Pengembangan
produk yang ramah lingkungan (Green Product)
- Pengembangan
kompetensi sumber daya manusia (Green Employee).
Dalam rangka
mewujudkan pelaksanaan usaha Astra yang dapat bertahan dan berkembang,
perusahaan senantiasa menjalankan upaya yang sistematis, terintegrasi dan
berkesinambungan, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan monitoring.
Melalui mekanisme award yang diselenggarakan Astra Internasional merupakan
bentuk penghargaan bagi kelompok usaha Astra dan mendapatkan image baik dengan
label ‘green’. Penilaian dilakukan dengan sistem peringkat dengan urutan
tertinggi hingga terendah sebagai berikut : emas, hijau, biru, merah, dan
hitam.
Refferensi:
xa.yimg.com/kq/groups/22968201/.../CSR_ASTRA+INTERNAS
Terima kasih Teteh.. sangat bermanfaat :)
BalasHapus