Selasa, 16 Oktober 2012

PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL

v               PROFIL  PERUSAHAAN DAN PROGRAM CSR PT. ASTRA INTERNATIONAL

PT Astra International Tbk (Perseroan) didirikan pada tahun 1957 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. Saat ini, Perseroan mengelola 6 lini usaha atau value chain, yakni Otomotif, Jasa Keuangan, Peralatan Berat, Pertambangan dan Energi, Agribisnis, Teknologi Informasi, serta Infrastruktur dan Logistik. Hingga  akhir tahun 2009, kelompok usaha Perseroan memiliki 154 perusahaan yang meliputi anak perusahaan.

Visi Perusahaan :
  •    Menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia,struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi
  •     Menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan
Sesuai dengan visinya Astra  menjadikan pelaksanaan kegiatan  Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian integral dari setiap kegiatan usaha perusahaan. Kegiatan  CSR pada PT. Astra International dijalankan oleh Divisi ESR. Pada tanggal 28 Oktober 2009, Astra meluncurkan program Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia (SATU Indonesia) yang selanjutnya akan menjadi payung besar bagi semua pelaksanaan program CSR dan lingkungan yang dilaksanakan agar semua kegiatan CSR dapat terintegrasi dengan baik. Program CSR Astra meliputi bidang : bantuan kemanusiaan, pendidikan dan program peningkatan pendapatan.
Dalam bidang bantuan kemanusiaan,  Astra memberikan bantuan bagi para korban bencana alam yang terjadi pada saat berlangsungnya program CSR dan jangkauannya ke seluruh penjuru wilayah Indonesia yang mengalami bencana. Dalam bidang pendidikan merupakan fokus utama Astra dalam program pengembangan masyarakatnya. Bantuan dalam bidang pendidikan yaitu berupa pemberian beasiswa kepada siswa SD, SMP, SMA di wilayah dimana PT. Astra Internasional beroperasi juga berbagai pembinaan sekolah. Selain itu Astra membuka kesempatan pada siswa SMK atau Perguruan Tinggi yang memenuhi syarat untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Sedangkan dalam bidang Program peningkatan pendapatan yang bertujuan mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan serta pembangunan jaringan dan pertumbuhan usaha kecil  untuk mencapai kemandirian masyarakat merupakan salah satu fokus utama perusahaan dalam menjalankan CSR-nya. Astra memberikan fasilitas-fasilitas pendukung dan kegiatan pemberdayaan agar kegiatan usaha masyarakat dapat berkesinambungan. Kegiatan yang dilakukan yaitu berupa produksi kain majun dan pemberian bantuan Microfinance kepada para ibu rumah tangga yang memeiliki usaha kecil.
Astra memiliki 2 kerangka kerja yaitu Astra Friendly Company (AFC) dan Astra Green Company (AGC). AGC memberikan landasan dalam pengelolaan Lingkungan, Kesehatan & Keselamatan Kerja (LK3).Sedangkan AFC menggariskan ketentuan akan pentingnya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan memperhatikan kesadaran sosial yang diterapkan melalui implementasi kegiatan di bidang Pengembangan Masyarakat.
Astra Friendly Company (AFC) merupakan  sistem standar manajemen  bagi Perusahaan Astra Internasional dalam hal pelaksanaan CSR.  AFC berlandaskan pada 3 pilar utama , yaitu
  1. Value, program yang dilakukan Astra memiliki landasan/dasar yang sesuai dengan filosofi (Catur Dharma), visi,
  2. Mindset, pelaksanaan yang sistematis dan terstruktur. Dengan identifikasi dampak sosial-bisnis, stakeholders, menyusun program sesuai persepsi dan harapan stakeholders, menentukan indikator keberhasilan, dan terakhir melakukan review secara berkelanjutan sebagai upaya monitoring.
  3. Behaviour, seluruh program CSR yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memenuhi hak stakeholders terkait.
Keseluruhan pilar dasar tersebut lalu teruang dalam satu buku “Panduan Kriteria Asesmen Astra Friendly Company” yang berisikan kriteria- kriteria AFC dan digunakan sebagai pedoman untuk pengarahan kualitas hubungan sosial perusahaan dengan stakeholdernya yang keseluruhannya merupakan objek standar penilaian kinerja CSR. Kinerja AFC Astra dievaluasi setiap tahun berdasarkan panduan kinerja yang ditetapkan. Akan tetapi, penentuan prioritas program CSR berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, disesuaikan dengan karakteristik bidang usaha, alokasi dana dan sumber daya. Penilaian kinerjanya pun bersifat kompeherensif meliputi tingkat pencapaian sistem manajemen, aktivitas dan program yang menggunakan Key Performance Indicator (KPI) sebagai sistem peringkat, dimulai dari bintang satu untuk pencapaian yang terendah dan bintang lima untuk pencapaian paling tinggi.
Astra Green Company  ( AGC) merupakan kerangka kerja perusahaan dibawah kelompok usaha astra, atau juga sebagai guidelines, petunjuk pelaksanaan kerja perusahaan dengan pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan (LK3). Dalam komitmennya dalam mengelola LK3 perusahaan harus berlandaskan pada:
  •   Strategi bisnis perusahaan (Green Strategy)
  •   Proses bisnis yang aman,nyaman dan bersih (Green Process)
  •   Pengembangan produk yang ramah lingkungan (Green Product)
  •   Pengembangan kompetensi sumber daya manusia (Green Employee).
Dalam rangka  mewujudkan pelaksanaan usaha Astra yang dapat bertahan dan berkembang, perusahaan senantiasa menjalankan upaya yang sistematis, terintegrasi dan berkesinambungan, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan monitoring. Melalui mekanisme award yang diselenggarakan Astra Internasional merupakan bentuk penghargaan bagi kelompok usaha Astra dan mendapatkan image baik dengan label ‘green’. Penilaian dilakukan dengan sistem peringkat dengan urutan tertinggi hingga terendah sebagai berikut : emas, hijau, biru, merah, dan hitam.

 Refferensi:
xa.yimg.com/kq/groups/22968201/.../CSR_ASTRA+INTERNAS

1 komentar: